Penulis:
Dr. H. Asrop Safi’i, M.Ag.
Penata Letak:
Bagas Aldi Pratama
Cetakan Pertama, April 2022
ISBN: 978-623-99900-0-8
Puji syukur Alhamdulillah penulis panjatkan kehadiral Allah SWT. buku dengan judul Pengantar Manajemen Pendidikan Islam ini telah dapat diselesaikan dan bisa hadir sebagai bahan bacaan dan tambahan referensi dalam menyusun sebuah tulisan ataupun naskah. Dengan terselesaikannya penyusunan buku ini penulis menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang telah banyak mambantu, semoga buku ini dapat memberikan manfaat kepada semua pihak yang membutuhkan.
Dalam sebuah kehidupan, bahwa perubahan adalah keniscayaan, tidak ada sesuatu yang hidup ini tanpa mengalami perubahan. Perubahan merupakan sebuah tuntutan yang tidak bisa ditolak. Setiap manusia mau tidak mau harus selalu menerima perubahan dan menyesuaikan dengan tuntutan untuk berubah, dimana setiap perubahan selalu menghendaki adanya kondisi, situasi dan hasil yang baru dan berbeda dengan sebelumnya.
Isu krusial dalam bidang pengembangan pendidikan yang dihadapi saat ini bukan lagi tentang masalah pemerataan dan akses layanan pendidikan. Namun permasalahan yang muncul ke permukaan justru tentang kualitas pendidikan peserta didik, dimana pengelola lembaga pendidikan dituntut untuk meningkatkan kualitas lembaga pendidikan mulai dari kualitas peserta didik, guru, kurikulum dan sebagainya.
Dalam proses pembelajaran, sarana prasarana termasuk kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi. Sarana prasarana tidak hanya berupa gedung pendidikan atau sekolah. Namun di dalamnya juga mencakup berbagai alat dan prasarana lain yang dapat menunjang terselenggaranya kegiatan belajar mengajar secara efektif dan efisien. Karena itu, dalam lembaga pendidikan, diperlukan tata kelola sarana prasarana yang baik yang dikenal dengan manajemen sarana prasarana.
Saat ini setiap lembaga pendidikan berada dalam situasi yang kompetitif, dimana masing-masing lembaga pendidikan berkompetisi untuk memperkenalkan dirinya kepada masyarakat, agar lembaga pendidikan dapat diterima masyarakat, maka diperlukan mediasi serta pendekatan-pendekatan yang bijak agar pengelola lembaga pendidikan dapat memahami apa yang paling dibutuhkan masyarakat terhadap pendidikan.
Pembahasan permasalahan manajemen dalam buku ini masih jauh dari kesempurnaan, walaupun sudah penulis lakukan secara maksimal. Oleh karena itu penulis dengan senang hati menerima saran dan masukan dari pembaca demi kesempuranaan tulisan kajian dalam buku ini.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ………………………………………………….. III
DAFTAR ISI …………………………………………………………………. V
BAB 1 MANAJEMEN PERUBAHAN
A.Pengantar …………………………………………………………………… 1
B.Langkah-Langkah Manajemen Perubahan …………………… 5
C.Prinsip Menerapkan Manajemen Perubahan ……………… 13
BAB 2 MANAJEMEN KURIKULUM
A. Pengantar…………………………………………………………………. 19
B. Konsep dan Prinsip Manajemen Kurikulum ……………… 21
C. Langkah-Langkah Manajemen Kurikulum ……………….. 37
BAB 3 MANAJEMEN PESERTA DIDIK
A.Pengantar …………………………………………………………………. 41
B. Pengertian Manajemen Peserta Didik ……………………….. 42
C. Substansi Permendiknas No. 23 Tahun 2006 Tentang
Manajemen Peserta Didik …………………………………………….. 45
D. Tujuan Manajemen Peserta Didik …………………………….. 49
E. Prinsip Manajemen Peserta Didik……………………………… 51
F. Ruang Lingkup Manajemen Peserta Didik ………………… 55
BAB 4 MANAJEMEN SARANA PRASARANA
A. Pengantar ………………………………………………………………… 67
B. Sarana Prasarana Pendidikan dalam Perspektif
Pemerintah …………………………………………………………………… 69
C. Manajemen Sarana Prasarana Pendidikan ………………… 72
D. Prinsip Manajemen Sarana Prasarana ………………………. 77
E. Tujuan Manajemen Sarana Prasarana ……………………….. 82
F. Proses Manajemen Sarana Prasarana ………………………… 84
BAB 5 MANAJEMEN HUBUNGAN MASYARAKAT
A. Pengantar ………………………………………………………………… 87
B. Pengertian Manajemen Humas …………………………………. 90
C. Fungsi Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan …. 92
D. Manajemen Humas di Lembaga Pendidikan…………….. 94
E. Prinsip Manajemen Humas dalam Perspektif
Pendidikan Islam …………………………………………………………………………… 102
BAB 6 MANAJEMEN PERKANTORAN
A. Pengantar ………………………………………………………………. 107
B. Pengertian Kantor/Perkantoran ……………………………… 109
C. Fungsi dan Tujuan Kantor ………………………………………. 110
D. Manajemen Perkantoran ………………………………………… 116
F. Prinsip Manajemen Perkantoran ……………………………… 122
Pengantar Manajemen Pendidikan Islam | VII
BAB 7 MANAJEMEN BUDAYA ORGANISASI
A. Pengantar ………………………………………………………………. 127
B. Pengertian Budaya Organisasi ………………………………… 129
C. Fungsi Budaya Organisasi ………………………………………. 134
D. Manajemen Budaya Organisasi Perspektif Islam …….. 136
E. Orientasi Manajemen Budaya Organisasi ………………… 143
BAB 9 MANAJEMEN KONFLIK
A. Pengantar ………………………………………………………………. 145
B. Pengertian Konflik dan Konflik Organisasi ……………… 147
C. Faktor Penyebab Konflik Organisasi ……………………….. 150
D. Pendekatan Penanganan Konflik Organisasi …………… 156
E. Manajemen Konflik Organisasi ……………………………….. 158
F. Manajemen Konflik di Lembaga Pendidikan Islam ….. 159
BAB 10 MANAJEMEN PEMASARAN
A. Pengantar ………………………………………………………………. 163
B. Teori Pemasaran Pendidikan …………………………………… 166
C. Sumber Daya Pemasaran Pendidikan ……………………… 169
D. Manajemen Pemasaran Pendidikan ………………………… 172
DAFTAR PUSTAKA………………………………………………….. 179
INDEKS …………………………………………………………………….. 189
VIII | Pengantar Manajemen Pendidikan Islam
Tentang Penulis …………………………………………………………. 193